26 Agustus 2009

Berpikir POSITIF..!

. 26 Agustus 2009

Sering kita dengar, Hai.., udahlah, jangan ngomong macem-macem. Sebaiknya kita berpikiran positif aja. Dari pada kita membuat isu, masalahnya bisa jadi ruwet..! tul gak..? mungkin itu sedikit perbincangan yang sering kita dengar. Nah, akankah pemahaman kita tentang “berpikir positif” seperti itu adanya..?


saya memberikan contoh dalam kehidupan kita, sering dengar bahwa si A tertipu lagi oleh si B padahal sebelumnya dia sudah pernah ditipu si B. Besuknya, si A sudah diperdaya lagi oleh si C. Jawaban yang kita dengar dari si A adalah “udahlah, mungkin itu sudah takdir saya. Dan kemungkinan orang-orang itu memang lagi butuh sehingga dia tega melakukan itu ke aku. Sekarang kita berpikir positif aja, siapa tahu orang itu lagi kesulitan sehingga sampai melakukan perbuatan menipu”.
Pada suatu waktu saya berpikir, semudah itukah tanggapan si A.? tidakkah respon yang diberikan itu justru memberikan peluang yang lebih banyak kepada si B dan si C untuk melanjutkan perbuatan-perbuatan yang tidak baik itu.
Disini saya punya pendapat begini ; berpikir positif memang harus tapi ada batasannya. Berprasangka kepada seseorang saya rasa tidak salah. Asalkan prasangka itu tidak kita keluarkan sebagai bahan perbincangan, tapi cukup hanya sebagai bahan pertimbangan diri sendiri dalam diri kita, untuk mempertimbangkan dan mencoba untuk mencari tahu kira-kira apa yang akan dilakukan lagi oleh si B maupun si C, intinya untuk membuat kita lebih hati-hati lagi dengan sikapnya si B atau si C, atau boleh jadi dengan yang lainnya. Jadi tidak salah kalau berpikir positif itu juga harus didasari dengan kehati-hatian. Sehingga berpikir positif bukan berarti membiarkan orang tersebut untuk berbuat yang tidak-tidak, tetapi berpikir positif juga harus dapat mencegah orang tersebut agar tidak melanjutkan perbuatan tidak baiknya. Jadi kalau kita sering di”akali” teman kita atau orang lain, maka berpikiran positif yang selama ini kita anut telah memberikan peluang kepada orang tersebut untuk menjalankan perbuatan tidak baiknya. Nah...sering ngerasa gak, kita ini gampang terlena dengan kata-kata manis dan penuh janji-janji oleh orang yangmana orang itu sudah sekian kali ngakali kita.?!

1 komentar:

resta07 mengatakan...

Alangkah baiknya jika qt dapat selalu berfikir positif..
tapi....
tetap harus punya pertimbangan untuk berjaga2...
tul kan???

Kunjungi blog saya